Kai Havertz Diminta Jangan Terburu-buru Pindah ke Liverpool

Eks striker Manchester United Dimitar Berbatov meminta Kai Havertz agar fokus menjaga performanya bersama Bayer Leverkusen dan tak buru-buru pindah ke klub lain, termasuk ke Liverpool.

Havertz tampil ciamik bagi Leverkusen dalam tiga musim terakhir. Namanya pun melambung dan disebut sebagai salah satu talenta terbaik Jerman dengan masa depan yang sangat cerah.

Otomatis ia mulai dikaitkan dengan sejumlah raksasa Eropa. Sebut saja Juventus, Bayern Munchen, Manchester United, Real Madrid, hingga Chelsea dan Liverpool.

Namun dari semua klub itu, ia paling sering dikaitkan dengan Liverpool. Ia dianggap akan bisa cocok dengan skema main tim asuhan Jurgen Klopp tersebut.

Fokus dan Jangan Terburu-buru Pindah

Dimitar Berbatov pernah membela Bayer Leverkusen. Maka ia pun ikut angkat bicara soal masa depan pemain 20 tahun tersebut.

Ia memberikan saran berharga pada Kai Havertz. Berbatov meminta sang gelandang untuk mengabaikan semua gosip terkait masa depannya dan tetap fokus bermain maksimal bagi Leverkusen. Pria asal Bulgaria ini juga meminta Havertz tak buru-buru pindah ke Liverpool.

“Ada banyak pembicaraan bahwa Liverpool, Chelsea, dan tim-tim lain tertarik padanya, jadi sekarang ia perlu berhati-hati, jangan biarkan itu mengarah ke kepalanya dan tetap fokus pada permainannya,” ujarnya pada Betfair, seperti dilansir Goal International.

“Ia memiliki kualitas yang cukup dan jika ia melanjutkan jalannya, banyak tim akan tetap ada di sana [menunggunya], mereka tidak akan pergi. Semua mata tertuju pada Bundesliga saat ini dan ketika Anda mencetak gol dan memainkan sepak bola yang bagus, tidak mengherankan bahwa tim seperti Liverpool menginginkan Anda,” ucapnya.

“Saya ingin melihat Havertz di Premier suatu saat nanti, tetapi tidak sekarang. Saya pikir itu agak terlalu dini baginya, saya ingin melihatnya bermain lebih banyak, mencetak lebih banyak gol dan mendapatkan lebih banyak kepercayaan diri dan kedewasaan,” tutur Berbatov.

Saran Serupa dari Ballack

Sebelumnya saran yang serupa juga pernah diberikan oleh legenda timnas Jerman, Michael Ballack. Ia ingin Kai Havertz bertahan di Bayer Leverkusen karena lingkungan klub tersebut cocok baginya untuk mengembangkan bakatnya.

“Pemain dengan kualitasnya laris di mana-mana, tapi saya pikir ia di tangan yang baik di Leverkusen,” ujarnya kepada SportBild.

“Kondisi umum di sana sempurna untuk pemain muda papan atas dan pengembangan mereka lebih lanjut. Leverkusen memainkan sepak bola yang menarik, peluang latihannya sangat bagus. Leverkusen juga menawarkan lingkungan yang berhati-hati,” tuturnya.

“Sebagai pemain [di Leverkusen] Anda terkadang dapat membuat kesalahan tanpa menjadi fokus kritik – Anda harus menghargai itu.”