Kisah Inspiratif Hijabers Milenial Wirda Mansur, Jadi Direktur di Usia 18

RekanbolaHijabers milenial yang populer di Instagram ini, WirdaMansur dikenal sebagai inspirasi anak muda. Bukan hanya sudah menjadi penghafal Al Quran di usia 14 tahun, dia pun menjabat sebagai direktur di usia 18. Ini kisahnya.

Wirda Mansur yang merupakan puteri pertama Ustaz Yusuf Mansur itu menjadi direktur di usia muda setelah berhasil mewujudkan impiannya memiliki label kosmetik. Pada akhir tahun 2019 kemarin dia merilis merek kosmetiknya WakeupMakeup.

“Launching ini diadakan tepat di hari ulang tahun gue, ini adalah Bisnis Impian gue sejak dulu. Memiliki brand kosmetik Halal sendiri. Semoga teman teman yang lain bisa menyusul punya bisnis juga!” tulis Wirda Mansur di Instagramnya.

Menjadi direktur sebuah merek kosmetik, Wirda Mansur bermimpi bisa menjadi miliuner sebelum memasuki usia ke 20 tahun. Menurut mahasiswi Universitas Oxford, Inggris itu dengan keyakinan yang kuat, dia yakin bisa mewujudkan impiannya tersebut.

“Dan emang, impian itu diperlukan keyakinan yang kuat. Gue yakin gue bisa, mampu, dan akan mencapai impian itu, suatu saat nanti. Semoga Tahun depan & seterusnya, semakin banyak inovasi lain yang bisa dikembangkan. Begitu juga buat kalian, gak lagiii jamannya pemuda pemuda milenial itu bokek, hehe. Semangatttt!” begitu Wirda menulis di Instagramnya seraya memberi pesan kepada sesama anak muda sepertinya.

Dengan sederet pencapaiannya di usia muda ini, tak mengherankan jika Wirda Mansur menjadi panutan milenial. Namun ternyata menjadi sosok panutan menjadi beban tersendiri untuk hijabers yang pernah menjadi Duta Al Quran di Amerika Serikat itu.

“Jujur saja iya. Apalagi di social media, aku selalu mendapatka sorotan, dan tidak bisa menjadi diri sendiri. Pada saat di medsos aku menggunakan kata ‘gue’ ‘elu’ dan banyak kontroversi kok anak ustad bilangnya gue elu? Kan emang aku anak Betawi gitu hehe. Jadi aku banyak mendapatkan kritikan. Awalnya aku menganggap itu sesuatu yang menjadi beban umur 13 tahun mulai dikenal,” ungkapnya saat diwawancara Feni Rose di program Rumpi TransTV.

Sukses di usia muda, Wirda Mansur pun kerap mendapat pertanyaan soal pola asuh dari ayahnya yang dikenal sebagai ustaz populer. Kata Wirda, ayahnya kerap memberikan satu pesan yang selalu diingatnya.

“Cara mendidiknya simpel sih seperti yang papa selalu bilang di mana pun kamu berada kamu berpikir bagaimana cara menjaga nama baik kamu, bukan jaga nama baik papa tapi kamu harus sadar itu harus dari diri kamu sendiri,” ujarnya.

Wirda Mansur menambahkan ayahnya juga cukup keras padanya jika dia melakukan kesalahan. Namun dia meyakini apa yang dilakukan sang ayah demi kebaikannya.

“Papa ingin mengajarkan kehidupan ke aku. Papa itu mengajarkan ke aku agar menjadi orang yang tough,” katanya.

Wirda Mansur yang lahir pada 29 November 1999 diketahui memutuskan untuk tidak melanjutkan sekolah formal sejak usia 9 tahun. Saat itu ia memilih untuk menjadi penghafal Al-Qur’an dan menjalani home schooling. Sempat mendapatkan cibiran, dia berhasil membalikkan itu semua dengan mendapatkan tawaran beasiswa dari berbagai negara.