Rekanbola –Masalah penuaan seringkali menjadi momok bagi manusia. Saat menginjak usia tua, banyak dari mereka ingin bisa terlihat awet muda dan hidup lebih lama.

Kini kamu sepertinya tidak perlu khawatir lagi. Para ilmuwan sudah menemukan cara yang nantinya bisa membalik proses penuaanmu. Penasaran? Ini dia hasil penelitiannya.

Baca juga : Ayu Ting Ting dan Nagita Slavina hadir di HUT ANTV, Eko Patrio: Makanya Nonton

Para ilmuwan ini sedang bekerja menemukan metode untuk bisa membalik penuaan pada manusia. Jika berhasil, metode ini diklaim akan bisa memperbaiki dan menambah masa hidup serta fungsi tubuh kita.

Diketahui, setiap kromosom di tubuh kita punya sebuah tutup pelindung pada tiap ujungnya yang dinamakan telomer. Panjang telomer ini akan berbanding lurus dengan umur manusia. Seiring bertambahnya usia kita, telomer ini pun akan semakin pendek. Hal itulah yang akan mengantarkan pada kematian sel-sel dalam tubuh kita.

Akan tetapi, tubuh manusia ternyata memiliki sebuah protein yang bisa membuat telomer ini tidak memendek. Oleh karena itu, para ilmuwan sedang mencoba cara agar bisa meningkatkan jumlah protein menakjubkan ini. Jika berhasil, bukan tidak mungkin, kita akan bisa hidup 20 tahun lebih lama.

 

Para ilmuwan ini juga sedang berusaha untuk bisa meperpanjang usia manusia dengan cara mengaktifkan dan menonaktifkan beberapa gen. Cara tersebut diberi nama “Terapi Gen”. Sebelas gen yang paling menjanhikan dalam memperpanjang kehidupan manusia akan diidentifikasi.

Lewat proses tersebut, para ilmuwan telah berhasil mengidentifikasi sebuah gen yang dinamai MC1R. Gen tersebut merupakan gen yang berkaitan dengan penampilan muda. Gen ini juga bertanggung jawab atas kulit pucat, kerutan dan kerentanan terhadap sinar matahari. Mengetahui kenyataan tersebut, para ilmuwan menargetkan gen ini untuk bisa memperlambat efek penuaan yang terlihat.

Caranya, mereka menargetkan untuk bisa meningkatkan interaksi yang terjadi antar sel kulit. Diketahui, interaksi yang difasilitasi oleh sebuah senyawa bernama glikan, dan menghasilkan protein bernama kolagen, ini akan memudar seiring bertambahnya usia kita. Jika pesan-pesan antar sel kulit tersebut tidak bisa dikirimkan, maka kulit kita akan berkerut dan kendur.

Jika cara ini berhasil, para imuwan yakin bahwa kita bisa memiliki kulit yang terlihat lebih muda dan lebih halus. Wah, kalau beneran berhasil, kita jadi enggak perlu beli produk perawatan anti penuaan dong?

 

(Sumber : wowkeren.com)