Rekanbola – Kiper utama tim nasional Jerman, Manuel Neuer meyakini setiap pemain Jerman sudah mempertanyakan kemampuan dirinya masing-masing setelah gagal total di Piala Dunia 2018 lalu. Dia yakin saat ini Jerman akan belajar dari kesalahan tersebut.

Mantan juara dunia 2014 ini tampil sangat buruk di Piala Dunia 2018. Jerman bahkan tak lolos fase grup dengan dua kekalahan di tiga laga. Kritik pun tak bisa dihindari lagi.

Banyak pemain Jerman yang dinilai tak pantas tampil. Ketegasan Loew dipertanyakan. Pemain seperti Mesut Ozil, Julian Draxler dan banyak lainnya dianggap tak layak membela Jerman.

Neuer menegaskan bahwa saat ini skuatnya sudah siap menatap masa depan

 

Baca Juga : Luke Shaw Ternyata Nyaris Kehilangan Kakinya

 

Menurut Neuer, saat ini Jerman mencoba menempatkan kegagalan tersebut di belakang mereka dan fokus menatap masa depan. Setelah performa buruk tersebut, Neuer yakin setiap pemain Jerman harus introspeksi masing-masing dan berusaha berkembang.

“Kami mencoba menempatkan (kegagalan) ini di belakang dan menatap masa depan. Setelah performa seperti itu dan hasil buruk tersebut, anda harus introspeksi diri anda sendiri,” jelas Neuer dikutip dari fourfourtwo.

“Saya yakin setiap pemain melakukan itu, melihat peran mereka sendiri. Setiap dan semua pemain membagi tanggung jawab tersebut. Sama seperti yang dilakukan pelatih kepala dan seluruh stafnya.”

 

Baca Juga : Dua Bekas Luka di Kaki Luke Shaw yang Terus Jadi Pengingat

 

Analisis

Lebih lanjut, Neuer mengaku tim Jerman telah menganalisis kegagalan mereka di Piala Dunia tersebut. Dari analisis tersebut tampaklah kelemahan-kelemahan mereka yang harus diperbaiki.

“Analisis dari seluruh situasi itu sudah dipresentasikan pekan lalu, sangat detail. Tentu saja setelahnya hal itu banyak dibahas.”

“Namun bagi kami sangat penting untuk membuat kesimpulan sendiri dan bergerak ke depan untuk mengerjakan beberapa hal spesifik, sehingga kami bergerak ke arah yang benar dengan cara yang positif untuk kembali ke sepak bola yang sukses,” tandas Neuer.