Rekanbola.com – Bukan hanya dikenal karena kemajuan teknologinya, China kini jadi negara dengan jumlah miliarder terbanyak. Hasil survei tahunan yang dirilis oleh Lembaga riset Hurun mengungkap, negeri Tirai Bambu ini mampu menelurkan miliarder dalam jumlah banyak.

Di tahun 2018, empat miliarder baru lahir di China setiap minggu. Jumlah miliarder China bertambah dari 210 orang menjadi 819 orang di tahun 2018. Jumlah miliarder di China lebih besar 40 persen dari Amerika Serikat.

Baca Juga : Di Ambang Perang Dagang, AS dan Eropa Saling Ancam

.Dari 100 orang terkaya dunia, ada 19 miliarder yang merupakan pendatang baru. Hebatnya, seluruh miliarder itu pun berasal dari China.Tak hanya itu, miliarder wanita China juga mampu mendominasi daftar orang terkaya tahun ini.

Di antara 184 miliarder wanita tahun ini, 78 persennya adalah penduduk China.”Wanita China mampu mendominasi dafar miliarder yang mendapatkan kekayaannya dari usaha sendiri,” tulis laporan tersebut dilansir dari Hurun.net, Senin (5/3/2018).

Total, ada 437 miliarder baru di tahun 2018. Ini menambah jumlah miliarder dunia menjadi 2.694 orang. Kekayaan total semua miliarder dunia adalah US$ 10,5 triliun naik 31 persen dari tahun sebelumnya.

Jumlah angka ini ekuivalen dengan 13,2 persen PDB dunia. Ranking pertama orang terkaya di dunia ditempati oleh Jeff Bezos dengan harta kekayaan mencapai US$ 123 miliar. Di tempat kedua dan ketiga ada Warren Buffett dan juga pendiri Microsoft Bill Gates.

Bill Gates Tersingkir

Untuk pertama kalinya sejak lima tahun terakhir, Bill Gates tergeser dari posisinya sebagai orang terkaya di dunia. Baru-baru ini, lembaga riset kekayaan global asal China, Hurun Research Institute merilis daftar peringkat 2.694 miliarder dari 68 negara di dunia dan nama Gates tidak berada di urutan pertama.

Melansir laman khaleejtimes.com,  hasil riset bertajuk Hurun Global Rich List 2018 tersebut mencatat Jeff Bezos sebagai miliarder terkaya di dunia dengan total kekayaan mencapai US$ 123 miliar.

Tahun ini, Bezos berhasil menambahkan total US$ 51 miliar ke dalam jumlah kekayaannya. Sementara itu, salah satu miliarder tertua Warren Buffet tercatat berada di posisi kedua dengan peningkatan kekayaan sebesar 31 persen dari tahun sebelumnya.

Tak lagi berada di posisi pertama, Bill Gates ternyata berada di urutan ketiga daftar orang terkaya dunia versi Hurun. Bezos berhasil menembus urutan pertama orang terkaya dunia setelah saham Amazon meningkat tajam sebear 70 persen dibanding tahun lalu.

Sementara Buffett yang berada di posisi kedua setelah total harta kekayaannya melebihi nilai US$ 100 miliar. Gates sendiri turun ke posisi ketiga setelah mendonasikan saham Microsoft senilai US$ 4,6 miliar ke yayasan miliknya.

Meski begitu, harta kekayaan Gates tercatat meningkat sebesar 11 persen menjadi US$ 90 miliar. “Untuk pertama kalinya dalam lima tahun, Gates bukan lagi orang terkaya di planet ini,” tulis keterangan Hurun Report.

Laporan yang baru dirilis ini menyebutkan, total kekayaan seluruh orang terkaya dunia mencapai jumlah yang fantastis senilai US$ 10,5 triliun. Itu setara dengan 13,2 persen dari produk domestik bruto (PDB) global.

“Tak pernah ada kekayaan sebanyak ini yang dimiliki hanya segelintir orang di dunia. Pencapaian yang luar biasa dari para miliarder, sebanyak 1.508 orang meningkatkan kekayaannya dan terdapat 567 wajah baru dalam daftar ini,” tutur pimpinan penelitian Hurun Report, Rupert Hoogewerf.

(Sumber: liputan6.com)

 

 

 

Hasil gambar untuk MInion logo