RekanbolaBarcelona siap tampil sebaik mungkin untuk meraih trofi pertama mereka musim ini di ajang Supercopa de Espana. Kali ini, kompetisi singkat tersebut dimainkan dalam format berbeda untuk pertama kalinya.

Betapa tidak, meski bertajuk Piala Super Spanyol, kompetisi ini justru dimainkan di Arab Saudi. Juga, kali ini ada empat tim yang terlibat dalam format semifinal, tidak hanya duel juara La Liga dan juara Copa del Rey seperti biasanya.

Barcelona bakal berduel dengan Atletico Madrid, Jumat (10/1/2020) untuk merebut satu tempat di semifinal. Sementara Real Madrid bakal menghadapi Valencia terlebih dahulu, Kamis (9/1/2020).

Sudah Siapkan Siasat

Menurut Sport, Ernesto Valverde disebut sudah menyiapkan siasat khusus untuk bermain di kompetisi tersebut. Skuad Barca, jika berhasil mengalahkan Atletico, bakal bermain pada partai puncak di hari Minggu.

Dua pertandingan berat dalam kurun waktu 72 jam, jelas berisiko. Sebab itu, Valverde ingin membagi menit bermain secara merata. Semua pemain Barca bakal turun untuk menghindari kelelahan.

Arturo Vidal, Nelson Semedo, dan Samuel Umtiti bisa saja membentuk staring line-up ketika menghadapi Atletico pada duel semifinal nanti. Lalu, jika lolos, Valverde bisa jadi menurunkan nama-nama yang benar-benar berbeda.

Formula Andalan

Valverde bisa mengandalkan formula yang pernah diandalkan Luis Enrique beberapa tahun lalu: merotasi tim sebaik mungkin, tetapi trio Lionel Messi, Luis Suarez, dan Antoine Griezmann bakal terus diandalkan.

Pemain seperti Junior Firpo, yang jarang mendapatkan kesempatan bermain sejauh ini, bisa jadi memperoleh kesempatannya pada pertandingan ini.

Valverde juga membawa sejumlah pemain muda seperti Riqui Puig, Collado, dan Araujo. Pemain muda Barca selalu bisa diandalkan.

Kesempatan bermain mereka bakal lebih banyak seiring cedera Arthur Melo dan Ter Stegen, juga kepergian Carles Alena dewasa ini.