Rekanbola – Memulai bisnis sebelum kuliah mungkin terlihat seperti mengambil keputusan yang beresiko. yang gahkan tidak mungkin dan bisa jadi sebagian orang enggan untuk melakukannya, tetapi langkah ini sangat tepat dilakukan. jika masalah kuliah belum memiliki target bisa jadi melalui bisnis kamu dapat mentarget semuanya. jika kita memulai berbisnis bisa jadi kita tidak mengalami kerugian yang begitu besar karena kita juga bisa mengatur seberapa mampu kita untuk memulai modal kita sebelum bisnis tersebut berjalan.

mungkin inilah tips-tips yang bisa kamu gunakan untuk memuli bisnismu :

1. mencari mentor bisnis

di lingkingan kampus tentu saja banyak praktisi bisnis yang bisa kamu manfaatkan untuk menjadi mentor bisnismu. jadi tidak rugi memulai bisnis ketika masih menjadi mahasiswa. mungkin dosen yang sudah berpengalaman dalam berbisnis juga bisa membimbing awal berdirinya bisnismu ataupun teman-temanmu yang sepemikuran denganmu dapat berdiskusi bersama dan bertukar pikiran.

2. perluas hobi

tidak menutup kemungkinan hobi yang kita atau teman kita sukai menjadi produk bisnismu. dari hobi kita pun mengerjakannya dengan rasa senang hati dan tanpa adanya unsur terpaksa karena mengejar target.

3.  Anggaran dana

membuat pendanaann yang realistis untuk modal yang akan dijalai memang sangat diperlukan. terutama dari modal awal, gunakanlah modal yang secukupnya dan jagan terlalu besar terlebih dahulu karena masih awal kamupun masih belum ahu bagaimana berjalannya bisnismu.

4. Menjadi bos

menjalani bisnis juga memerlukan waktu, lakukanlah semaksimal mungkin karena bisnismu yang menentukan hasilnya juga dirimu. melalui semua dengan kerja keras dan memberluas jaringan, jangan terlalu menunda pekerjaan dan bersikaplah seperti pemimpin.

5. Uji Ide

kamu harus mempertimbangkan apakah idemu itu dapat di terima oleh konsumen atau tidak, karena minat konsumen juga menjadi pengaruh  besar dalam  bisnis kita.

6. targetkan pemasaran

karena zaman juga semakin maju kita bisa menggunakan sarana media sosial sebagai promosi. misalnya facebook, instagram, line dan lain sebagainya.

7. Tekun dan ulet.

Kita harus mempunyai sifat yang tekun dan ulet dalam menjalankan sebuah bisnis. Karena dari ketekunan dan keuletan juga mempengaruhi proses dalam sebuah berbisnis dimana bagaimana seriusnya kita dalam berbisnis agar dapat membuahkan hasil.

8. Sabar.

 Sabar adalah kunci dari semua macam bisnis atau apapun itu dimana kita menjalani dan menikmati setiap langkan demi langkah proses dalam bisnis tersebut. proses yang baik juga akan menghasilkan yang baik pula .

9. Menerima kritik dan saran

Kita harus menerima setiap orang yang telah mengkritik dan memberikan saran/pendapat kepada kita disitulah kita dapat melihat bahaimana respon masyarakat terhadap prodak bisnis kita. kritik dan saran tersebut kita tampung dan kita pelajari apakah bisa digunakan dibisnis yang kita jalankan. cobalah untuk menerima kritik dan saran karena itu juga yang menopang produk dan bisnis kita menjadi lebih baik lagi.

10. Jangan takut gagal

Janganlah takut gagal sebagai pengusaha yang baru merintis kesuksesan. Karena dari kegagalan ita dapat belajar mana yang salah dan jangan di ulangi lagi dan mana yang salah yabg harus diperbaiki. Setiap orang yang menjalani sebuah bisnis pastinya pernah dan sering mengalami kegagalan kecil ataupun besar.

11. Jujur

kejujuran akan membuat custemer kita lebih nyaman ketika berinteraksi dengankita dan kesuksesan juga di iringi dengan kejujuran.

13. semangat dan potimis

Semangat dan optimis adalah sifat yang harus kita miliki dalam sebuah bisnis, bila kita menjalankan usaha tapi tidak semangat maka usaha kita tidak bisa berjalan dengan baik begitu juga optimis yang harus di tanamkan kepada diri kita. dari situlah akan selalu tumbuh timbul motivasi baru jika semangat itu mulai luntur.

jadi teman-teman jangan takut untuk memulai berbisnis. kesuksesan itu bukan untuk di tunggu tetapi kita jemput. Dan teruslah berproses untuk menjadi insan yang berkualitas . .

 

(Sumber : kompasiana.com)