RekanbolaBek Manchester United Eric Bailly tampaknya mencemooh mantan manajernya Jose Mourinho. Menurut Bailly, manajer yang pernah menjadi pemain adalah lebih baik.

Pesepakbola Pantai Gading itu adalah salah satu pembelian Mourinho usai menerima tawaran memanajeri Man United pada 2016. Bailly didatangkan dari Villarreal dengan tebusan seharga 30 juta paun.

Meski begitu, kerja sama keduanya cuma berlangsung selama 2,5 tahun usai Mourinho diberhentikan pada Desember 2018. Bukan hanya karena performa MU memburuk namun manajer Portugal itu juga bersitegang dengan sejumlah pemain.

Eks pemain MU, Ole Gunnar Solskjaer kemudian diplot pengganti Mourinho. Meski Man United belum meraup sukses di era Solskjaer, namun ada perubahan suasana ruang ganti. Pada prosesnya Setan Merah kini tak terkalahkan dalam 11 pertandingan terakhir di seluruh kompetisi sehingga masih bersaing untuk finis empat besar di Liga Inggris, memenangi Piala FA dan Liga Europa.

“Juga penting bisa bekerja dengan seseorang yang juga adalah mantan pemain,” Bailly mengatakan kepada ESPN. “Seseorang yang memahami situasi-situasi pemain, memahami seluruh hal yang bisa terjadi dari waktu ke waktu.”

“Karena kan sepakbola tak melulu soal yang ada di lapangan, tapi juga seluruh hal yang terjadi di sekitar permainan itu, hal-hal yang orang tidak lihat, dan dia adalah seseorang yang memahaminya dan hal itu sangat membantu tim.”

“Selain menjadi seorang pelatih, dia cuma orang biasa Anda tahu? Aku akan bilang dia seperti pamanku sendiri,” Bailly menambahkan.

Sebelum menjadi manajer, Mourinho memang pernah menjadi pesepakbola meski bukan di klub elite. Sedangkan Solskjaer menghabiskan sebagian besar kariernya di level teratas bersama Man United.