Rekanbola.com– Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Bidang Organisasi, Djarot Saiful Hidayat, mengaku siap maju pada pemilihan gubernur Sumatera Utara 2018 jika diperintahkan partai.

“Kalau diperintahkan partai saya siap. Terkait waktunya kapan, tunggu saja besok,” kata Djarot saat menyambangi Kantor DPP PDIP di Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta, Rabu (3/1).

DPP PDIP pada esok hari, Kamis (4/1) akan mengumumkan sejumlah pasangan calon kepala daerah yang bakal diusung di beberapa daerah, seperti, Jawa Barat, Jawa Tengah, Lampung, Papua dan sejumlah wilayah lain.

Di tempat terpisah, Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto, mengatakan partainya masih melakukan kajian terkait Pilgub Sumatra Utara. Nama Djarot masuk sebagai salah satu calon gubernur.

“Nama-nama itu muncul ada berbagai kombinasi karena tema kita gubernur ini kepanjangan tangan dari pemerintah pusat,” ujar Hasto.

Hasto menuturkan, dari kajian yang dilakukan partainya, masyarakat Sumatra Utara menginginkan calon pemimpin dengan kinerja dan rekam jejak bersih dari persoalan hukum.

Untuk itu, Hasto mengatakan, saat ini PDIP tengah menjalin komunikasi dengan Golkar, Hanura dan NasDem yang merupakan sesama partai pendukung pemerintah.

“Kami membuka ruang kerjasama. Buat apa ruang kompetisi. Didorong dengan semangat gotong royong ini,” ujarnya.

Syarat bagi partai atau gabungan partai untuk mengajukan calon gubernur adalah menguasai minimal 20 persen kursi di DPRD Sumatera Utara.

Baca Juga : 4 Musisi dunia ini dijadikan kajian mata kuliah di perguruan tinggi

Saat ini PDIP memiliki 16 kursi DPRD Sumatera Utara. Golkar memiliki 17 kursi, Hanura 10 kursi, dan NasDem lima kursi.

Jika berkoalisi, maka keempat partai itu sudah memenuhi syarat mengajukan calon gubernur.

Di sisi lain, koalisi antara Gerindra, PAN dan PKS yang menguasai total 28 kursi telah resmi mengusung Panglima Kostrad Letjen TNI AD Edy Rahmayadi.

Berita Menarik Lainnya :

Ini 10 potret cewek yang viral karena mirip Daphne ‘Scooby Doo’

6 Seleb cantik ini pernah diperlakukan kasar kekasihnya, miris banget