REKANBOLA – Masyarakat Jepang sudah bisa membeli sport utility vehicle terbaru dari Daihatsu, yakni Rocky. Mobil tersebut sebelumnya dipajang di pameran Tokyo Motor Show 2019.

Berdasarkan pengamatan VIVA.co.id di booth Daihatsu di TMS 2019, wujud Rocky baru lebih kecil dari Terios dan hanya berkapasitas lima penumpang saja.

Presiden Direktur Daihatsu Motor Company, Soichiro Okudaira mengatakan, bahwa Rocky akan dipasarkan secara global. Artinya, besar kemungkinan mobil tersebut bakal masuk juga ke Indonesia.

“Studinya sudah dilakukan. Di sini ada Bu Amel (Direktur Pemasaran ADM, Amelia Tjandra), ini salah satu yang studi juga. Kami berusaha masuk ke pasar Indonesia secepat mungkin,” ujarnya di Tokyo, Jepang belum lama ini.

Rocky versi reborn memiliki panjang 3.995 milimeter, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.620 mm. Jarak poros roda depan dan belakang yakni 2.525 mm. Bobotnya cukup ringan, hanya 960 kilogram.

SUV anyar ini dibekali dengan mesin tiga silinder berkapasitas 1.000cc. Poros bubungannya disematkan sebanyak dua, sehingga mobil ini memiliki spesifikasi dual over head camshaft atau DOHC.

Berdasarkan informasi dari DMC, dikutip Rabu 6 November 2019, ?Rocky ditawarkan dalam empat varian, yakni L, X, G, dan Premium. Soal harga, varian terendah, yakni L dibanderol 1,705 juta Yen, atau sekitar Rp219 juta. Sementara, varian X dihargai 1,848 juta Yen atau setara Rp237 juta.

Soal konsumsi bahan bakar, berdasarkan pengujian yang dilakukan di Jepang, Rocky varian paling rendah yang menggunakan sistem penggerak dua roda, mencatat angka 23,4 kilometer per satu liter bensin.