Arsene Wenger telah mengalami kemunduran lebih lanjut karena manajer Arsenal bersama The Gunners menyerah pada kekalahan 2-1 di Brighton & Hove Albion dalam bentrokan hari Minggu di Stadion Amex.

Gol dari Lewis Dunk dan Glenn Murray memberi Brighton keunggulan dua gol dan meskipun Pierre-Emerick Aubameyang mengurangi separuh separuh sebelum paruh waktu, Arsenal tidak mampu memaksa menyamakan kedudukan setelah turun minum.

The Gunners – yang kini telah menderita empat kekalahan beruntun di semua kompetisi – tetap terpaut delapan poin dari posisi kelima Chelsea, namun Brighton telah memasuki babak kedua klasemen sementara dengan kemenangan ketiga mereka berturut-turut.

Arsenal mulai dengan cerah di Pantai Selatan dengan Mesut Ozil melengkung sedikit di atas mistar gawang dari jarak 20 yard, namun Brighton segera mulai mengendalikan persidangan di depan pendukung mereka sendiri.

Calum Chambers dan Gaetan Bong beraksi saat pertandingan Premier League antara Brighton & Hove Albion dan Arsenal pada 4 Maret 2018
© Offside

Pembuka Brighton berasal dari satu set, dengan sudut yang tidak bersuara dari kiri menemukan Shane Duffy – yang mengalahkan Petr Cech di udara – dan bola dilempar ke bawah Dunk untuk menembakkan tembakan ke atap jaring pada tendangan voli setengah .

Beberapa saat kemudian, Pascal Gross memaksa Cech untuk menyelamatkan tajam ke kanannya, sebelum Dunk menyia-nyiakan kesempatan untuk mencetak gol keduanya pada kuarter pertama pertandingan tersebut saat bek tengah tersebut mengirim sundulan bebas melewati mistar gawang.

Anthony Knockaert juga menyia-nyiakan kesempatan setelah dipilih oleh lini belakang Gross, hanya untuk pemain sayap yang ditolak dari jarak 12 yard satu blok dari Cech, namun kiper veteran tersebut salah karena gol kedua Brighton.

Setelah Laurent Koscielny kehilangan kepemilikan, Gross menyilang Murray yang sedang menunggu di pos belakang dan pemain depan menemukan jaring dari jarak 10 yard setelah sundulannya berada di bawah mayat penyumbat Ceko.

Brighton tetap berada dalam kekuasaan namun dengan dua menit tersisa sampai separuh waktu, Arsenal menemukan jalan kembali ke permainan saat umpan Granit Xhaka di dalam area penalti memilih Aubameyang, yang menjentikkan bola melewati Mathew Ryan dari jarak tujuh yard.

Pierre-Emerick Aubameyang menarik satu gol saat pertandingan Premier League antara Brighton & Hove Albion dan Arsenal pada 4 Maret 2018
© Offside

Tepat sebelum jeda, The Gunners hampir menemukan equalizer yang tidak pantas saat sundulan Koscielny dibelokkan ke tiang gawang, namun Brighton mampu mengacak bola jauh sebelum mencapai jeda dengan keunggulan mereka masih utuh.

Setelah restart, Arsenal berada di kekuasaan dan Henrikh Mkhitaryan segera mendapat tembakan ke gawang, dengan Ryan nyaman menangani tembakannya dari jarak 20 yard.

Brighton masih menawarkan ancaman di sepertiga terakhir, namun saat tim tuan rumah berhasil memasukkan bola ke posisi ketiga, mereka tidak menunjukkan tingkat ketenangan yang sama seperti di babak pertama.

Tepat sebelum tanda jam, Ozil bermain satu-dua dengan Aubameyang sebelum melihat pemogokan 25 yardnya tertinggal di tikungan oleh Ryan, yang menjadi semakin sibuk di antara tongkat.

Namun, kesempatan berikutnya jatuh ke petenis Brighton Jose Izquierdo, yang diizinkan masuk ke kaki kanannya sebelum mengirim tembakan rendah melayang sedikit di sebelah kanan posko Cech.

Saat pertandingan memasuki kuarter terakhir, Wenger memperkenalkan Danny Welbeck namun saat Arsenal mulai membawa lebih banyak pria ke depan, Brighton duduk lebih dalam dan menunjukkan tanda-tanda bahwa mereka siap bermain pada istirahat selama sisa pertandingan.

The Gunners mendominasi kepemilikan selama tahap penutupan pertandingan namun satu pembukaan mereka yang jelas jatuh ke tangan Aubameyang, yang hanya bisa mengirim tendangan voli setengah lurus ke arah Ryan dari jarak 12 yard.

Brighton memiliki bukaan mereka sendiri selama tujuh menit setelah selesai, namun Chris Hughton menyaksikannya saat timnya berhasil meraih keunggulan tipis mereka untuk mencatat poin pertama mereka di enam tim teratas musim ini. (Sumber sportsmole)

BRIGHTON & HOVE ALBION (4-5-1): Ryan; Scheletto (Bruno 69 ‘), Duffy, Dunk, Bong; Stephens, Propper, Knockaert (Maret 77 ‘), Izquierdo, Kotor (Kayal 87’); Murray

ARSENAL (4-2-3-1): Cech; Chambers (Bellerin 83 ‘), Koscielny, Mustafi, Kolasinac; Wilshere, Xhaka, Iwobi (Welbeck 74 ‘), Mkhitaryan (Nketiah 83’), Ozil; Aubameyang