Rekanbola – Ghea dan Joan menjadi kontestan yang paling banyak mendapat kritikan. Penampilan mereka dinilai biasa saja, tidak ada peningkatan dari minggu ke minggu. Sementara, 3 finalis lainnya, Maria, Abdul, dan Ayu tampil menghibur. Kualitas mereka pun semakin meningkat.

Baca Juga : Waspadai Pendarahan Saat Bercinta

Ghea yang masuk TOP 5 masih masih belum konsisten, termasuk saat menyanyikan lagu kedua, Tiba-Tiba Cinta Datang yang dipopulerkan Maudy Ayunda. Dia pun harus tersingkir dari panggung TOP 5 Spetakuler Indonesian Idol.

“Ghea sama kayak Joan, tekniknya mentok, tidak membuat penampilan spektakuler. Kamu menyanyikan hanya enak saja, lempeng-lempeng saja, tetapi ini kompetisi, jadi harus buat sesuatu yang luar biasa. Harus membuat kita takjub,” kata Maia.

Judika juga tidak melihat ada sesuatu yang menarik saat Ghea tampil, meski mantan jebloan Indonesian Idol ini mengaku fans Ghea yang besar. “Aku bangga dengan fans kamu, tapi harus diiringi dengan penampilan kamu. Masalahnya masih di situ-situ saja,” ujarnya.

Ghea mengaku akan berusaha semaksimal mungkin untuk selalu berkarya. Apa yang terjadi di panggung Indonesian Idol menjadi langkah awal untuk kariernya.

“Ghea saying bangat sama kalian, Ghea bukan apa apa tanpa kalian. Ini bukan akhir, tetapi awal, terima kasih untuk semua. Orang orang di sini banyak orang hebat dan kritikan ini jadi inspirasi untuk maju, terima kasih,” kata Ghea.

Joan sedikit berbeda. Pada lagu pertama, dia mendapat kritikan tajam dari Maia. Namun, pada lagu kedua berjudul This Is Me dari Keala Settle, penyanyi gospel ini mampu bangkit.

“Lagu ini sangat luar biasa dan menurut saya luar biasa, lagu ini seperti gaya kamu. Ini baru Joan yang sesungguhnya,” kata Maia.

“Dari penampilan pertama ini lebih bagus, tetapi ada beberapa yang kurang dan belum sebagus yang dulu,” tambah Judika.
Indonesian Idol Pulangkan Ghea
Lain lagi dengan penampilan Maria. Dia selalu tampil memukau setiap minggunya. Lagu  Kala Cinta Menggoda milik Chrisye dinyanyikan dengan powerfull. “Keren sekali musiknya.  Malam ini membuat kita tersenyum dan senang melihat penampilan kamu. Kamu membuktikan bisa menaklukan genre apapun,” kata Ari.

Bahkan, penyanyi Loren Allred begitu terpukau dengan Maria dan dia tidak menyangka jika kontestan asal Medan ini berusia 16 tahun. “Suaranya sangat cantik dan powerfull. Saya terpukau dan saya tidak percaya kamu baru berusia 16 tahun. Kamu sangat luar biasa,” kata Loren melalui sambungan telepon.

Sementara, Ayu yang berkolaborasi dengan Ananta Vinnie memberi ‘nyawa’ baru pada lagu Separuh Nafas  yang dipopulerkan band Dewa 19.

“Ini lagu yang kalau dibawakan panggung selalu pecah dan baru pertama kali saya menikmati secara EDM dan kamu, dengan gaya kamu memberi nyawa baru pada lagu ini,” kata Ari.

Abdul yang berkolaborasi dengan komposer Eka Gustiwana tampil memukau saat menyanyikan Masih Ada ciptaan Ello.  BCL mengaku aransemennya memberi pembeda dengan lagu aslinya.

“Tadi keren banget, jujur, itu membuat Abdul semakin keluar auranya dan kamu yang paling keluar aura dan suaranya malam ini. Aura kamu benar-benar keluar semua. Bajunya juga keren. Kekuatan kamu ini bikin lagu jadi enak,” terangnya.

Daftar finalis yang melaju ke Top 4 Spektakuler Indonesian Idol:
1.Maria – Domino (Jessie J) dan Kala Cinta Menggoda (Chrisye)
2. Abdul – You Are The Reason (Calum Scott) dan Masih Ada (Ello)
3.  Joan – This Is Me (Keala Settle) dan Khayalan Tingkat Tinggi (Peterpan)
4. Ayu – Rapuh (Agnez Mo) dan Separuh Nafas (Dewa 19)

 

(Sumber : sindonews.com)