Rekanbola – Bukan sekadar pusat transportasi, bandara juga memainkan peran penting dalam pembangunan ekonomi suatu daerah. Dari bandara, jumlah penumpang dan penerbangan dapat dikaitakan dengan pendapatan ekonomi, hingga upah dan pendapatan.

Maka pantas saja bila pemerintah berlomba-lomba mempercantik bandara dengan cara dibuat bergaya futuristik.

Menurut Curbed, ada 11 bandara paling cantik di dunia yang tak hanya bersih dan tertata rapi, tetapi juga memberikan detail interior dan eksterior yang epik serta nyaman.

Apa saja daftar bandara tersebut? Berikut 11 bandara terkeren yang sudah Rekanbola rangkum untuk kalian.

1. Heydar Aliyev International Airport

Heydar Aliyev International Airport dirancang oleh studio arsitektur asal Turki, Autoban. Bandara yang terletak di Baku, Azerbaijan tersebut menampilkan desan kaca yang melengkung seperi kepompong.

Salah satu fasilitas yang ada di sana adalah kafe, bar, hingga berbagai jenis toko. Bandara ini juga dapat menampung lebih dari 5 juta penumpang setiap tahun.

2. Denver International Airport

Bandara ini terletak di jantung negara Amerika Serikat tepatnya di Denver, Colorado. Denver International Airport memiliki desain unik di mana atap bandara dibuat menyerupai Pegunungan Rocky yang tengah tertutup salju. Berkat desain tersebut, bandara Denver dinobatkan sebagai salah satu bandara tercantik di dunia.

3. Adolfo Suarez Madrid-Barajas Airport

Bandara Adolfo Suárez Madrid-Barajas, yang juga dikenal sebagai Bandara Madrid-Barajas, terletak 12 kilometer dari pusat kota Madrid, Spanyol.

Bandara ini sempat mengalami renovasi besar-besaran pada 2006, dibawah kendali arsitek Richard Rogers. Sekarang, bandara tersebut memiliki desain bergelombang yang ditopang oleh ‘pohon’ besar. Hal tersebut memungkinkan cahaya alami masuk hingga ke lantai atas bandara.

4. Kansai International Airport

Dirancang oleh arsitek Italia Renzo Piano, Bandara Internasional Kansai di Osaka, Jepang, pertama kali dibuka pada 1994. Bandara yang dibangun di Teluk Osaka itu merupakan bandara “samudera” pertama yang mampu menampung 100.000 penumpang setiap hari.

5. Chhatrapati Shivaji International Airport

Terminal 2 di Bandara Internasional Chhatrapati Shivaji Mumbai, India, pertama kali dibuka pada 2014. Terminal ini dirancang oleh Skidmore, Owings & Merrill (SOM), dan dibangun untuk mengakomodasi pengunjung yang semakin meningkat.

Desain bandara yang memiliki kanopi atap raksasa, terinspirasi oleh paviliun vernakular India. Bandara ini juga dilengkapi dengan zona drop-off curbside, yang dirancang untuk mengakomodasi upacara kedatangan dan keberangkatan ala tradisional India.

6. Kuala Lumpur International Airport

Bandara Internasional Kuala Lumpur di Sepang, Malaysia, adalah salah satu bandara terbesar di Asia. Dirancang oleh arsitek Jepang Kisho Kurokawa, bangunan ini memiliki atap bergaya Islam yang dibuat dengan baja tahan karat.

7. Menara Airport 

Bandara Menara di Marrakech, Maroko, tuntas dibangun pada 2008. Bandara ini dirancang oleh kantor arsitektur asal Swiss E2A. Sama seperti di Kuala Lumpur, bandara ini memiliki desain hias bergaya Islami yang indah.

Disebutkan bahwa Bandara Menara merupakan contoh desain bangunan yang berhasil menggabungkan gaya kontemporer dan tradisional secara bersamaan.

8. Kutaisi International Airport 

Bandara Internasional Kutaisi yang juga dikenal sebagai Bandara David the Builder Internasional Kutaisi, adalah sebuah bandara kecil yang terletak di Kutaisi, Georgia, Amerika Serikat.

Bandara ini dirancang oleh perusahaan arsitektur asal Belanda, UNStudio. Dengan nuansa merah yang khas, pengunjung dapat dengan mudah mendapati keberadaan bandara.

Bandara ini juga memiliki jendela dengan ukuran yang besar sehingga cahaya dan pemandangan Pegunungan Kaukasus dapat terlihat.

9. Bao’an Shenzhen International Airport 

Bandara ini terletak di distrik Bao’an, Shenzhen, Cina. Dirancang oleh arsitek asal Roma, Massimiliano dan Doriana Fuksas, banguna Terminal 3 dari bandara ini memiliki desain yang unik seperti ikan manta.

10. Queen Alia International Airport 

Terletak di Amman, Yordania, Bandara Internasional Queen Alia memiliki kubah beton yang dirancang oleh perusahaan arsitektur, Foster + Partners. Kubah tersebut terinspirasi oleh tenda Bedoui dengan bagian bawah yang dihias seperti permukaan daun.

11. Changi International Airport 

Bandara Changi di Singapura sering terpilih sebagai salah satu bandara terbaik di dunia. Terminal 3 di bandara tersebut dibuka pada 2008 yang bisa menampung lebih banyak penumpang.

BACA JUGA :

Hasil gambar untuk MInion logo