RekanBola – Juventus memutus rangkaian laga tak terkalahkan AC Milan di Serie A. Bianconeri menang 3-1 atas Rossoneri untuk sekaligus mengukuhkan posisi di puncak klasemen.

Bermain di Allianz Stadium, Minggu (1/4/2018) dinihari WIB, Juventus dan Milan berimbang 1-1 di babak pertama. Gol cepat Paolo Dybala dibalas oleh Leonardo Bonucci.

Milan, yang gagal mempertahankan ritme permainannya di babak kedua, kemasukan dua gol tambahan masing-masing oleh Juan Cuadrado (79) dan Sami Khedira (87). Juventus menuntaskan laga ini dengan skor 3-1.

Buat Bianconeri, kemenangan ini makin mengukuhkan mereka di puncak klasemen Serie A. Juve mengoleksi 78 poin, unggul empat angka dari Napoli yang beberapa jam lalu justru diimbangi Sassuolo 1-1.

Bagi Milan, hasil laga ini mengakhiri rangkaian laga tak terkalahkan mereka di Serie A yang sudah bertahan 10 pekan. Masih tertahan di urutan enam dengan 50 poin, Rossoneri makin sulit dalam upayanya merebut tiket ke Liga Champions musim depan.

Jalannya Pertandingan

Milan tampil sedikit lebih dominan di menit-menit awal. Rossoneri bermain lepas dan bisa menekan Juventus meski tak sampai membuahkan peluang berbahaya.

Sebaliknya, Juventus yang lebih sedikit menguasai bola justru mampu membuat peluang matang. Yang pertama melalui tendangan jarak jauh Gonzalo Higuain yang masih bisa ditepis Gianluigi Donnarumma.

Peluang kedua Juventus yang diciptakan Dybala langsung berbuah gol. Tendangan jarak jauh pemain depan asal Argentina itu gagal dibendung Donnarumma saat mengarah ke sisi kanan bawah gawang Milan.

Milan bermain makin agresif setelah gawangnya jebol. Bermain rapi dari lini ke lini, skuat besutan Gennaro Gattuso membuat Juventus kerepotan. Beberapa peluang pun berhasil diciptakan.

Salah satu yang terbaik saat tandukan Andre Silva dari jarak dekat hanya menyamping di sisi gawang. Sementara tendengan jarak jauh Suso ditepis Gianluigi Buffon.

Milan pada akhirnya bisa menyamakan kedudukan saat pertandingan masuk menit 28. Tendangan sudut Hakan Calhanoglu yang melayang ke tengah kotak penalti disambar Bonucci dengan kepalanya. Bola tandukan kapten Milan itu masuk ke gawang dan mengubah kedudukan jadi 1-1.

Di sisa babak pertama, Milan masih lebih dominan dalam penguasaan bola. Namun begitu tidak ada peluang bersih bisa diciptakan kedua tim. Saat turun minum, skor masih bertahan di angka 1-1.

Memasuki babak kedua, intensitas Milan terlihat mulai menurun. Tapi mereka tetap bisa mengancam gawang Juventus melalui beberapa serangan balik yang dibangun.

Salah satunya ketika tendengan keras Hakan Calhanoglu membentur mistar gawang Buffon pada menit 55. Upaya rebound Andre Silva tak membuahkan hasil karena bola sepakannya ditepis Buffon ke luar lapangan.

Ancaman pertama yang dipunya Juventus tercipta saat tendangan bebas Pjanic memunculkan kemelut di muka gawang Milan. Calabria langsung menyapu bola menghindarkan gawang Milan dari ancaman kebobolan.

Di menit 79 Juventus kembali dalam posisi unggul. Lini belakang Milan gagal menghalau Khedira melepas umpan crossing dan pada saat bersamaan juga lengah mengawal sisi tiang jauh gawang. Cuadradro dengan leluasa menanduk bola menjebol gawang Donnarumma. 2-1 Juventus unggul.

Juventus akhirnya memastikan mendapat poin penuh dari laga ini setelah tendengan Khedira dari dalam kotak penalti bersarang di gawang Milan.

Douglas Costa berhasil menarik dua pemain Milan ke sisi lapangan dan dengan jeli masih bisa mengirim umpan pada Dybala. Dybala lantas melepaskan umpan ke Kedira, yang langsung disambar oleh gelandang Jerman itu dengan tendengan mendatar.

Pertandingan pun tuntas dengan skor 3-1.

Susunan Pemain

Juventus: Buffon; Barzagli, Benatia, Chiellini; Lichtsteiner (Douglas Costa 46), Khedira, Pjanic (Bentancur 76), Matuidi (Cuadrado 60), Asamoah; Dybala, Higuain

Milan: G Donnarumma; Calabria, Bonucci, Romagnoli, Rodriguez; Kessie, Biglia (Montolivo 76), Bonaventura; Suso, Andre Silva (Kalinic 65), Calhanoglu (Cutrone 80)

(Sumber : Detik.com)

Baca Juga :