REKANBOLA – Raksasa Premier League, Liverpool akhirnya resmi melepas striker Danny Ings secara permanen ke klub kampung halamannya, Southampton.

Ings sejatinya sudah memperkuat Southampton sejak musim panas tahun lalu. Kala itu ia dipinjam dari Liverpool selama semusim dengan kesepakatan transfer permanen di akhir musim.

Southampton harus membayar biaya transfer Ings senilai 20 juta poundsterling kepada Liverpool. Striker 26 tahun itu mendapat kontrak selama tiga tahun di tim The Saints.

Sepanjang musim 2018-19 kemarin, Ings tampil sebanyak 24 kali berseragam Southampton dan mencetak tujuh gol, sekaligus berperan membawa timnya terhindar dari jurang degradasi.

“Rasanya menyenangkan. Tentu saja, berada di sini selama satu musim, secara pribadi saya merasa banyak mengalami naik turun, dengan beberapa kali kekecewaan dan cedera ringan, dan itu akibat dari tak menjalani pramusim secara serius,” ujar Ings di laman resmi Southampton.

“Sekarang saya bergabung secara permanen. Saya senang. Saya berkaca selama musim panas ini dan saya bersemangat menyambut musim baru. Secara pribadi, ini musim yang penting bagi saya. Saya merasa inilah perasaan senang saya yang paling besar,” imbuhnya.

Burnley Dapat Bagian

Ings sendiri digaet Liverpool dari Burnley pada musim panas 2015 lalu dengan biaya sebesar 8 juta poundsterling. Namun sepanjang berada di Anfield, Ings bernasib sial karena sering dihantam badai cedera berkepanjangan.

Total selama tiga musim berseragam Liverpool, Ings hanya bermain sebanyak 25 kali dan menyumbang empat gol.

Dalam transfer Ings dari Burnley ke Liverpool, terdapat klausul yang menyebut bahwa The Clarets berhak menerima 20 persen dari keuntungan yang didapat The Reds ketika menjual Ings. Artinya, Burnley mendapat bagian sekitar 2,4 juta poundsterling dari hasil penjualan Ings ke Southampton.