Rekanbola –  Bila berbicara supercar di tahun 1990-an, yang pertama terbesit di pikiran adalah McLaren F1, Ferrari F40, Jaguar XJ220, dan Porsche 959. Namun, ternyata Porsche pernah memiliki sebuah supercar yang terlupakan, yaitu Porsche 911 GT1 Straßenversion.

Dilansir Carscoops, pada saat itu, pabrikan dibutuhkan untuk membuat beberapa unit mobil yang legal untuk digunakan di jalanan. Langkah tersebut merupakan syarat untuk mengikuti balap ketahanan di 24 Hours of Le Mans. 911 GT1 dibuat tahun 1996 dan menjadi tiket masuk Porsche mengikuti FIA GT Championship.

Baca Juga :  Produsen Sandal Jepit Sponsori Halo Tim McLaren

Berbeda dengan pabrikan lainnya yang memodifikasi mobil yang legal di jalan raya menjadi mobil balap, Porsche melakukan hal kebalikannya.

Agar 911 GT1 memenuhi syarat agar dapat mengikuti balapan, Porsche merakit 911 GT1 Straßenversion. Kuantitas yang hanya sebanyak 25 unit membuatnya tidak dikenal banyak orang.

Selanjutnya

Straßenversion atau street version di-setting khusus untuk kondisi jalan raya. Ground clearanceditinggikan, suspensi lebih empuk, rasio gear dan mesin disesuaikan.

Selanjutnya

Model ini sama kejamnya dengan mobil balapan, sehingga memiliki kesan tidak nyaman untuk digunakan di jalan raya.

Selanjutnya

Bagian interior terlihat agresif, terlebih lagi panel instrumen yang menunjukkan berbagai indikator.

Selanjutnya

Mesinnya berkapasitas 3,2 liter twin-turbo yang menghasilkan tenaga 544 Tk. Akselerasi 0-96 km/jam membutuhkan waktu 3,7 detik saja. Kecepatan puncak diklaim mencapai 309 km/jam. Cukup mengesankan untuk mobil dari era 1990-an.

 

(Sumber : liputan6.com)