Rekanbola.com– Ginjal adalah salah satu organ yang penting dalam tubuh kita. Ginjal berfungsi untuk menyaring darah yang mengalir dari seluruh tubuh. Dari penyaringan ini, ginjal akan memisahkan racun, mengatur keseimbangan elektrolit, dan mengontrol keseimbangan cairan dalam tubuh.

Darah yang disaring ini kemudian akan keluar dari tubuh dalam bentuk urine. Namun kerusakan pada ginjal akan menimbulkan penurunan fungsi ginjal hingga sakit ginjal.

Dikutip dari Brightside.me inilah 10 tanda yang menunjukkan bahwa ginjalmu bermasalah.

1. Susah Tidur

Susah tidur

Bila ginjalmu tidak berfungsi dengan baik, hal itu berarti racun tidak bisa keluar dari tubuh melalui urine dan tetap berada dalam darah. Peningkatan kadar toksin membuat sulit tertidur.

Orang dengan penyakit ginjal kronis lebih sering menderita sleep apnea atau gangguan tidur serius dimana pernapasan sering berhenti selama tidur.

2. Sakit Kepala dan Tubuh Lemah

Tubuh lemah

Ginjal yang sehat dan berfungsi baik mengubah vitamin D di tubuh kita untuk mempertahankan tulang yang kuat dan menghasilkan hormon yang disebut Erythropoietin (EPO).

Hormon ini berperan penting dalam produksi sel darah merah. Bila ginjal tidak berfungsi dengan baik, mereka menghasilkan lebih sedikit EPO.

Penurunan sel darah merah (yang membawa oksigen) mengakibatkan otot dan otakmu lebih cepat lelah. Orang dengan penyakit ginjal kronis biasanya juga mengidap anemia.

3. Kulit Kering dan Gatal

Kulit kering dan gatal

Kulit gatal dan kering memberi sinyal ginjalmu tidak berfungsi dengan baik untuk menjaga keseimbangan mineral dan nutrisi yang tepat yang dapat menyebabkan penyakit tulang dan ginjal.

Jika kulitmu kering dan gatal, cobalah untuk banyak minum air putih.

4. Bau Mulut

Bau mulut

Gejala selanjutnya yang menunjukkan ginjalmu bermasalah adalah bau mulut. Hal itu lantaran terlalu banyak racun dan kontaminasi di aliran darah yang tak bisa disaring oleh ginjal.

5. Sesak Nafas

Sesak nafas

Hubungan antara penyakit ginjal dan sesak nafas, terutama setelah sedikit usaha, disebabkan oleh dua faktor.

Pertama, cairan ekstra dalam tubuh bergerak ke paru-paru saat ginjal tidak berfungsi dengan baik. Kedua, anemia menghilangkan oksigen tubuhmu dan ini menyebabkan sesak napas.

6. Bengkak di Bagian Tubuh Tertentu

Bengkak

Ginjal yang bermasalah tidak bisa mengeluarkan cairan ekstra dari tubuh secara maksimal. Hal ini menyebabkan retensi natrium yang menyebabkan pembengkakan di pergelangan kaki, kaki dan tangan.

7. Sakit Punggung

Sakit punggung

Sakit punggung yang disebabkan oleh gagal ginjal akan disertai dengan muntah, suhu tubuh tinggi dan sering kencing.

8. Bengkak di Sekitar Area Mata

Bengkak di sekitar area mata

Tanda awal bahwa sistem saringan ginjalmu rusak adalah timbulnya protein dalam urine, yang dapat menyebabkan bengkak di sekitar area mata.

9. Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi

Ginjal memiliki nefron kecil yang menyaring limbah dan cairan ekstra dari darah.

Jika pembuluh darah rusak, nefron yang menyaring darah tidak mendapat cukup oksigen dan nutrisi. Itu sebabnya tekanan darah tinggi adalah penyebab salah satu penyebab utama gagal ginjal.

10. Perubahan Warna Urine

Perubahan warna urin

Perubahan frekuensi, bau, warna dan tampilan urine jangan sampai diabaikan. Buang air kecil 4-10 kali sehari adalah normal.

Semakin gelap warna urine, juga menunjukkan ginjalmu bermasalah. Hati-hati jika urinmu terdapat darah dan busa.

Baca Juga :

 

Hasil gambar untuk MInion logo